Senin, 18 Januari 2016

Tujuan Pengukuran dan Evaluasi

Hai hai
Mungkin ada di antara kita yang bertanya-tanya sebenarnya apa sih tujuan pengkuran dan evaluasi?
yupppsss
Kita coba bahas sekarang.

Pengukuran dan evaluasi dalam bidang pendidikan pada umumnya dan keolahragaan khususnya, mempunyai peranan penting. Menurut Albertus Fenanlampir dan Muhammad Muhyi Faruq (2015:4) pengukuran dan evaluasi bertujuan untuk: (1) pengelompokan, (2) penilaian, (3) motivasi, dan (4) penelitian.

1. Pengelompokan  
    Salah satu tujuan pengukuran dan evaluasi adalah untuk pengelompokan. Pengelompokan ini berasarkan tingkat keterampilan, umur, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan minat. Sebagai upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran, guru dapat mengelompokan siswanya ke dalam kelompok tertentu sesuai dengan kemampuannya.

2. Penilaian
      Penilaian harus dilakukan secara objektif sehingga dapat mencerminkan kemajuan yang diperoleh dan dapat memperbaiki kekurangan yang dimiliki siswa.

3. Motivasi
      Motivasi merupakan kekuatan yang memandu seseorang untuk mencapai hasil yang tinggi. Untuk itulah diperlukan evaluasi secara bertahap dan tepat. Agar siswa memiliki motivasi, mereka harus mengetahui bahwa kemampuannya berkembang.

4. Penelitian
      Penelitian adalah penyelidikan yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penting pengukuran dan evaluasi adalah menyediakan sarana-sarana yang diperlukan untuk mengadakan penelitian.

Itulah tujuan pengukuran dan evaluasi yang dapat saya bagikan kepada teman-teman. Semoga tulisan ini bermanfaat.:)


Daftar Pustaka

Albertus Fenanlampir dan Muhammad Muhyi Faruq. (2015). Tes & pengukuran dalam olahraga.                 Yogyakarta: ANDI OFFSET.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar