Minggu, 24 Januari 2016

Galau

hemm Galau
Apa sih galau itu?
Kata galau merupakan kata yang sangat populer saat ini dan semua orang pernah mengucapkan bahkan merasakannya, dari anak-anak sampai orang dewasa.
Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang galau. Galau adalah kegelisahan yang kita alami akibat tidak tercapainya sesuatu yang diinginkan. Kita sering galau karena terjadi kesenjangan antara keinginan dan realita. Contohnya: sebelum ujian kita sudah belajar dengan sungguh-sunguh dan mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap nilai tetapi pada waktu pengumuman nilai yang kita harapkan di bawah ekspektasi. Berdasarkan kasus ini kita bisa melihat bahwa terjadi kesenjangan antara keinginan dan realita. 

Kegalauan ini banyak sekali dialami oleh kaum remaja karena pada masa remaja kita menginginkan banyak hal dalam hidup kita tetapi keinginan itu tidak semuanya bisa tercapai. Kegalauan yang dialami remaja biasanya berkaitan dengan perasaannya terhadap lawan jenisnya. Pada masa ini biasanya cenderung ingin mengenal lebih dekat dengan lawan jenisnya. Contohnya: kita mempunyai perasaan suka terhadap seseorang tetapi seseorang yang kita sukai tidak mempunyai perasaan yang sama terhadap kita. aduhhhhh sakitnya tuh di sini, di sini, di sini dan di sini :D.

Banyak hal yang dilakukan oleh remaja ketika mereka sedang merasakan galau di antaranya menangis, curhat dengan teman, membuat lagu, menengarkan lagu galau (aku tak bisa luluhkan hatimu dan aku tak bisa menyentuh cintamu. # Padi), menulis puisi, merusak diri, bermain sosial media dan menulis banyak status; aku lagi galau nihhhh, aku ini kurang apa sih, dunia begitu kejam padaku. :D. Itulah contoh status remaja yang sedang galau.

Itu hanya sebagian contoh yang membuat kita galau. Masih banyak lagi hal-hal yang membuat kita galau dan tentunya setiap orang berbeda-beda. hmmm kalau tadi kita sudah membicarakan penyebab galau sekarang yuk kita bahas cara mengatasi galau dan segera move on:).

1. Bersyukur dengan keadaan galau yang kita alami.
Lhoo kita galau kok malah bersyukur sihhh?. Galau itu kan gak enak banget rasanyaaa. Rasanyaaa itu kayak ehemmmm. eitsss tenang dulu. Om Mario Teguh berkata bahwa" Galau itu wajar dan normal, karena ia adalah proses penyesuaian dengan kehidupan yang lebih berkelas". Tuhh kan berdasarkan pendapat Om Mario itu artinya ketika kita sedang galau kita itu normal,,, hayooo awas ada yang gak normal :D. Selain itu kita akan segera menuju kehidupan yang berkelas karena dengan kegalauan yang kita alami kita telah belajar banyak hal.

2. Berpikir positif
Iya memang berpikir positif itu susaaahh.... yuppss betul berpikir positif memang susah tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Biasakan diri kita untuk berpikir positif. Apa yang kita berikan itulah yang akan kita terima. Itu artinya jika kita berpikir dan bertindak positif maka hal positif juga yang akan kita peroleh. 

3. Never give up (jangan menyerah) semoga bahasa Inggrisnya benar :).
Jangan pernah menyerah ketika kita galau. Berusahalah untuk menemukan potensi yang dimiliki ketika merasakan galau. Banyak di antara kita menjadi lebih produktif setelah mengalami kegalauan. Bagi kita yang suka menulis ungkapkanlah perasaan yang dialami alam sebuah tulisan, tulisan ini bisa sebuah cerita pendek ataupun puisi. Bagi teman-teman yang suka dengan musik, salurkanlah rasa kecewamu itu ke dalam musik. Dulu saya tidak pernah bisa dalam membuat lagu. aduhhh jangankan lagu main gitar aja saya gak bisa sob, tapi setelah mengalami galau saya bisa menciptakan lagu meskipun hanya beberapa baris aja:D. Bagi teman-teman yang suka dengan olahraga bisa bergabung dengan beberapa klub olahraga yang ada seperti beladiri, permainan, ataupun pergi ke tempat fitness wiihhh kan keren tuhh kalau kita ikut fitness. Melalui olahraga kita bisa menyalurkan emosi kita dan terhindar dari aktivitas yang dapat merusak diri, ketika kecewa karena perasaan ditolak sama gebetan tentunya dalam menendang ataupun memukul kamu jauh lebih bertenaga sobb mungkin samsaknya bisa sobek :D ihirrr. Terlebih lagi nihhh ketika kamu bergabung di tempat fitness kamu akan kuat untuk mengangkat beban yang sebelumnya tidak pernah terangkat. Kerennnn kan :). 

Jadi dapat disimpulkan bahwa galau akan memberikan dampak positif kepada kita jika dipandang dari sudut yang positif. 

Cukup sekian dulu untuk tulisan kali ini mengenai galau karena saya lagi galau nihhh apalagi ya yang mau ditulis:D. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, tetap semangat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar