Kamis, 14 Januari 2016

Bagaimana Hidup di Kosan Ala Mahasiswa

Hai hai
Selamat pagi:)
Semoga Tuhan memberikan kesehatan kepada kita

Hari ini saya ingin berbagi tentang hidup menjadi anak kosan. Menjadi anak kosan tidak selamanya membosankan karena kita bisa belajar banyak hal, seperti kemandirian, tanggung jawab, disiplin dan bersosialisasi dengan lingkungan baru. Menjadi anak kosan kita melakukan banyak hal yang selama kita tinggal bersama orang tua kita tidak pernah melakukannya, misal; merapikan tempat tidur/kamar, memasak, mencuci alat masak, mencuci pakaian, dll. Kita harus bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri, hal ini dimulai dari cara kita mengelola uang yang diberikan oleh orang tua. disiplin dalm mengatur waktu, kapan kita belajar, istirahat, olahraga, dan kumpul bareng dengan teman-teman. Selain itu hal yang paling penting ketika tinggal di kosan adalah bersosialisasi dengan orang banyak. Sebaiknya kita membiasakan diri untuk bersosialisasi dengan tetangga kosan. Berikut akan saya bagi tips sederhana bagaiman hidup di kosan.
1. Sebelum menempati kosan, sebaiknya kita survei terlebih dahulu tentang keamanan dan kenyamanan lingkungan kosan. Hal ini sangat penting sekali karena kita tinggal jauh dari orang tua tentu kita menginginkan tempat tinggal yang aman dan nyaman.
2. Ganti tata ruang kosan setiap sebulan sekali untuk membuat suasana baru di dalam kosan dan tidak membosankan.
3. Sebaiknya membangun komunikasi/sosialisasi  dengan tetangga kosan/ kamar. hal ini akan sangat membantu kita ketika kita dalam kesulitan seperti, sakit, kekurangan uang, atau akan meminjam barang.
4. Aturlah uang kiriman dari orang tua dengan bijak. Gunakan uang untuk keperluan yang menjadi prioritas. Sebagian uang sebaiknya ditabung, tabungan dapat kita gunakan untuk keperluan tak terduga, membeli kebutuhan kuliah atau membeli pakaian kuliah. Sebagai anak kuliah sebaiknya kita kelihatan rapi dan punya gaya tersendiri. Pilihlah pakaian yang pas di badan. Pakaian tidak harus mahal yang penting sesuai dengan ukuran tubuh, nyaman dipakai dan kelihatan bergaya.
5. Usahakan pulsa selalu ada karena akan mempermudahkan kita untuk berkomunikasi dengan teman-teman. 
6. Bergabunglah dalam organisasi, bimbingan belajar, atau klub olahraga. Hal ini akan sangat membantu kita untuk bertemu dengan orang banyak dan kita bisa membangun relasi dengan mereka.
7. Luangkan waktu untuk berolahraga agar tubuh kita tetap bugar. Ingaatt, sakit saat di kosan itu rasa gak enak banget, jauh dari orang tua dan gak ada yang merawat. Jadi, kita harus pandai dalam menjaga kesehatan.
8. Gunakan waktu untuk serius belajar, istirahat cukup, berolahraga dengan teratur, dan kumpul bareng bersama teman-teman. 

Itulah yang dapat saya bagi untuk teman-teman semua. Semoga tulisan ini bermanfaat. Tetap semangat ya, nikmati hidup di kosan.:).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar